Bentuk Opini Publik, BDK Yogyakarta Latih Pegawai Kemenkeu untuk Menulis di Media Massa

[Yogyakarta] 12 September 2018. Di era kebebasan informasi seperti sekarang, media massa dan sosial media memiliki peran yang sangat kuat dalam membentuk opini publik.

Khusus di Indonesia, kondisi politik dan ekonomi yang sedang hangat pada saat ini, menuntut Pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh Kementerian Keuangan untuk mampu menyampaikan informasi kepada publik mengenai kinerja Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan negara, terutama jika dikaitkan dengan persoalan utang dan nilai tukar rupiah yang sekarang hangat dibicarakan.

berita55aUntuk itu, Kementerian Keuangan membutuhkan pegawai yang memiliki kemampuan untuk menulis di media massa, terutama di bidang ekonomi/bisnis/keuangan, untuk menyampaikan hal positif mengenai kondisi perekonomian Indonesia terkini sebagai upaya menghadang berbagai opini negatif serta berita hoax yang terus bermunculan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Evaluasi dan Informasi BDK Yogyakarta Rokhmat Taufiq Hidayat ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pelatihan Menulis Untuk Media Massa yang berlangsung pada hari Rabu, 12 September 2018. Pelatihan Menulis Untuk Media Massa tersebut diikuti oleh 33 orang peserta yang berasal dari para pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebanyak 26 orang dan pegawai Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) sebanyak 7 orang.

Dalam sambutannya Taufiq menambahkan bahwa Pelatihan Menulis Untuk Media Massa bertujuan untuk membekali para pegawai dalam menulis (baik opini maupun esai) di bidang ekonomi/bisnis/keuangan dengan menggunakan bahasa Indonesia dan ejaan yang benar serta memenuhi persyaratan menulis di media massa. Dengan mengikuti pelatihan tersebut para peserta diharapkan mampu untuk menulis artikel (baik opini maupun esai) di bidang ekonomi/bisnis/keuangan yang dapat dimuat di salah satu media massa (cetak/online).

Kepada para peserta pelatihan, Taufiq juga menyampaikan bahwa Pelatihan Menulis Untuk Media Massa merupakan salah satu contoh pelatihan yang didesain dengan kerangka Kementerian Keuangan Corporate University dan selaras dengan model pengembangan kompetensi 10-20-70. Pada pelatihan tersebut terdapat unsur structured training dan self learning (10), proses coaching, mentoring, dan feedback (20) serta kegiatan action learning (70).

Pada pelatihan tersebut, sebelum dilakukan pembukaan pelatihan kelas tatap muka tadi pagi, peserta telah menjalani pelatihan dengan studi mandiri (dengan kewajiban menyerahkan tugas studi mandiri berupa konsep artikel), lalu kemudian dilanjutkan pelatihan secara tatap muka di kelas selama 3 hari yang dimulai pada hari tadi dan nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan action learning selama kurang lebih sebulan.

Pada kegiatan action learning tersebut peserta diwajibkan untuk menyempurnakan konsep artikel yang sudah dibuat dan melakukan submit artikel tersebut ke salah satu media massa (cetak/online). Peserta dianggap telah menyelesaikan kegiatan action learning jika artikel yang dibuatnya telah dimuat di media massa (cetak/online) dalam waktu kurang lebih 1 bulan (21 hari kerja) sejak selesainya kelas tatap muka.

berita55bSelain Pelatihan Penulisan untuk Media Massa, BDK Yogyakarta dalam waktu yang bersamaan juga melaksanakan pembukaan Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Pelatihan PPK ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan BDK Yogyakarta Casuri. Dalam sambutannya Casuri mengatakan bahwa pelatihan ini ditujukan kepada para pegawai Kementerian Keuangan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi PPK dalam proses pengadaan barang/jasa dan pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelatihan tersebut diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan akan ketersediaannya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memenuhi standar kompetensi sehingga mampu melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah dan pengelolaan keuangan pada satuan kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pelatihan yang akan dilaksanakan sampai dengan hari Jumat, 14 September 2018 tersebut diikuti oleh 22 orang keseluruhannya berasal dari para pegawai Direktorat Jenderal Pajak.

Paling Banyak Dibaca

  • Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan LK K/L +

    [Bogor, 4 Januari 2018] Pagi ini Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan menyelenggarakan Lokakarya pertamanya di tahun 2018. Pembukaan lokakarya yang bernama Baca Selengkapnya
  • Diklat Pembuka di Awal Tahun 2018 +

    [Medan] Senin, 10 Januari 2018. Diklat Penyiapan Tenaga Pendamping Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Angkatan I dan Diklat Teknis Substantif Spesialisasi Baca Selengkapnya
  • Latsar CPNS Golongan II Tahun 2018 sangat Istimewa +

    [Malang] Balai Diklat Keuangan Malang menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode I Tahun 2018. Kepala Balai Diklat Keuangan Malang, Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016