Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Konferensi Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia

[Jakarta] Rabu, 28 Agustus 2013. BPPKTv menyiarkan secara langsung dengan teknologi live streaming kegiatan Konferensi Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia melalui situs http://www.bppk.depkeu.go.id. Konferensi yang salah satu tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada pimpinan dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terkait peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara/daerah ini dilaksakan pada hari Selasa, 27 Agustus 2013 di Auditorium Dhanapala, Jakarta. Dihadiri oleh 350 orang peserta yang terdiri dari beberapa Menteri/Pimpinan Lembaga, seluruh Inspektur Jenderal/Inspektur Utama, beberapa pimpinan APIP pemerintah daerah, serta para Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Negara/Lembaga, konferensi ini mengambil tema Peningkatan Kualitas Pengawasan oleh APIP dalam Tata Kelola Penganggaran, Pelaksanaan Anggaran, dan Pertanggungjawaban Anggaran.

Dalam sambutan yang sekaligus membuka konferensi, Menteri Keuangan, Chatib Basri menyebutkan bahwa pemberdayaan APIP dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara tidak sebatas hanya ditugaskan untuk melakukan audit, tetapi berfungsi pula sebagai katalisator dan konsultan yang dapat mendorong peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara. "Pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap pelaksanaan dan pertanggungjawaban anggaran,tetapi juga dalam tahap perencanaan dan penganggaran sehingga terdapat preventive action sebelum terjadi ketidaksesuaian", ungkapnya.

Terkait pertanggungjawaban, Menteri Keuangan mengharapkan agar APIP dapat memberikan jaminan bahwa seluruh proses akuntansi dan pelaporan keuangan telah dilaksanakan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah. "APIP tidak hanya harus melakukan reviu atas Laporan Keuangan, tetapi juga harus membantu unit-unit yang mengalami kesulitan dan kendala dalam menghadapi masalah pertanggungjawaban keuangan, termasuk pendampingan selama audit keuangan oleh pemeriksa eksternal", ungkapnya.

              

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!