Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

SEMINAR PERENCANAAN KAS DAN PROBLEMATIKANNYA

[Jakarta] Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 yang salah satu implementasi teknis Undang-Undang tersebut dituangkan melalui PMK No.192/PMK.05/2009 tentang Perencanaan Kas yang mengamanatkan kepada penyelenggara pemerintah untuk melakukan perencanaan kas melalui peramalan kas, arus kas masuk dan keluar, pengeluaran kas kurang dan kas lebih, serta pelaksanaan rekening tunggal Perbendaharaan dan Pelaporan untuk memastikan Pengelolaan Kas dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip keuangan yang lebih baik.

 

Perencanaan kas tersebut sekaligus mampu mencarikan jalan keluar atas problematika yang ada. Berkenaan dengan tujuan tersebut, Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan menyelenggarakan seminar bertajuk "Perencanaan Kas dan Problematikannya". Seminar yang bertempat di meeeting room hotel Alila ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Bapak Mardiasmo dan dilanjutkan dengan key note speech oleh Bapak Herry Purnomo selaku Direktur Jenderal Perbendaharaan.

 

Dalam sambutannya, Bapak Mardiasmo menyambut baik kerjasama Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan BPPK dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Beliau menyebutkan arti pentingnya Pengelolaan Kas, bahwa Kementerian Keuangan telah bertahun-tahun mengelola kas dimulai dengan adanya paket Undang-Undang Keuangan Negara, sehingga perlu direnungkan perencanaan kas pada masa yang akan datang,dari yang basic ke advance,kas tidak berlebih ataupun terlalu sedikit, serta bagaimana memperoleh, menggunakan maupun menginvestasikan uang negara dengan manajemen kas. BPPK dalam tupoksinya harus bisa memberikan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam Manajemen Kas. Bapak Herry Purnomo juga menyambut baik atas terselenggaranya seminar ini sebagai salah satu tupoksi DJPBN,karena pengelolaan kas merupakan salah satu hal yang penting dalam bidang perbendaharaan. Beliau menjelaskan landasan Manajemen kas, bagaimana mengelola kas saat terjadi kelebihan dan kekurangan kas dengan penanganan yang berbeda.

 

Setelah Key note speech, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan sesi I. Sesi ini diisi dengan penyampaian materi mengenai Pokok-Pokok PMK No.192/PMK.05/2009 tentang Perencanaan Kas oleh Drs. Tata Suntara,DESS, Direktur Pengelolaan Kas Negara,DJPBN Kementerian Keuangan dan penyampaian materi oleh Sumiati, Ak., MFM selaku Kepala Biro Perencanaan Keuangan Setjen Kementerian Keuangan tentang Strategi Satker untuk Memenuhi Ketentuan Perencanaan Kas. Moderator sesi I adalah Bapak Noor Cholis Madjid, widyaiswara muda dari Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan BPPK. Sesi II diisi dengan materi dari Kasubdit Perencanaan dan Pengendalian Kas DJPBN Kementerian Keuangan, Bapak Alfiker Siringoringo dengan tema Evaluasi Permasalahan seputar Pelaksanaan PMK No.192/PMK.05/2009 dan Materi kedua tentang Komparasi Perencanaan Kas pada Sektor Swasta oleh pengamat pasar modal Bapak Dandosi Matram. Tiap sesi dalam seminar ini diakhiri dengan tanya jawab.

 

Peserta seminar ini berasal dari Kementerian Keuangan, Kejaksaan Agung, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi,Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Perumahan Rakyat, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!