Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Tes Kesehatan dan Kebugaran USM STAN 2011

[Jakarta] Selasa, 4 Oktober 2011. Hari ini berlangsung seleksi tahap kedua dari Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang berupa Tes Kesehatan dan Kebugaran. Tes ini dijadwalkan berlangsung sejak hari Senin, 3 Oktober 2011 sampai hari Sabtu, 8 Oktober 2011. Bertempat di Pusdiklat Bea dan Cukai, sekitar 180 peserta mengikuti rangkaian tes ini setiap harinya. Selain itu juga berlangsung di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Denpasar, Makassar, Kupang, Ambon dan Jayapura.

 

Pada tes Kesehatan, para peserta dilihat kesehatannya berdasarkan beberapa kriteria, termasuk penyakit apa saja yang diderita. Bila dinyatakan lulus, maka para peserta dinyatakan berhak untuk mengikuti tes selanjutnya, yaitu Tes Kebugaran. Ada 2 jenis Tes Kebugaran, yaitu Samapta A, berupa lari 12 menit mengitari lapangan dengan luas 200-400 meter. Yang kedua adalah Samapta B, yaitu lari cepat membentuk angka delapan (shuttle run).

 

Secara umum, pelaksanaan tes berjalan dengan lancar. Ketua Penyelenggara, Arzul Akbar mengatakan bahwa tidak ada hambatan yang berarti dalam menyelenggarakan Tes Kesehatan dan Kebugaran, karena Pusdiklat Bea dan Cukai sudah sering menyelenggarakan tes serupa.

 

Antusiasme peserta dalam mengikuti seleksi tahap kedua ini juga tidak kalah tinggi dengan seleksi sebelumnya. Yogo, peserta dari Jakarta mengaku sudah melakukan persiapan untuk mengikuti tes ini. "Yah, paling lari-lari sore, berenang, untuk memperkuat pernapasan" ujarnya. Walaupun sudah diterima di tempat lain, ia tetap berharap bisa lulus seleksi ini.

 

Hasil dari seleksi tahap kedua ini akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober 2011. Turut hadir meninjau pelaksanaan tes ini Kepala BPPK, Kamil Sjoeib dan Sekretaris Badan, Dodi Iskandar.

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!