Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kunjungan Direktur Jenderal Bea dan Cukai

[Pekanbaru] Jumat, 4 Mei 2012. Pada hari Kamis tanggal 3 Mei 2012, sungguh merupakan hari bersejarah bagi BDK Pekanbaru karena mendapat kunjungan kehormatan Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Bapak Agung Kuswandono didampingi oleh pejabat Kantor Pusat Bea dan Cukai, Pusdiklat Bea dan Cukai, serta Wakil STAN. Kedatangan Bapak Agung ke BDK Pekanbaru adalah dalam rangka memberikan arahan kepada Mahasiswa Prodip I Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Spesialisasi Bea dan Cukai Tahun Ajaran 2011/2012 dan peserta Diklat Teknis Umum Kesamaptaan Angkatan I.

Acara kunjungan ini diawali dengan pemberian arahan kepada mahasiswa STAN Prodip I Bea dan Cukai yang diadakan di aula Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Provinsi Riau. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa beserta staf BDK Pekanbaru, dan juga hadir Ibu Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Pekanbaru, Bapak Biro Perlengkapan Kementerian Keuangan RI dan staf Kanwil Bea dan Cukai Rian dan Sumatera Barat, serta Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Pekanbaru.

Dalam kunjungannya ini, Bapak Agung Kuswandono mengemukakan tentang nilai-nilai yang harus ditanamkan oleh setiap pegawai, khususnya pegawai Bea dan Cukai yang mana nilai-nilai ini menjadi pilar utama yang membentuk sikap dan mental yang baik. Pilar-pilar yang merupakan fungsi Bea dan Cukai antara lain community protection, trade facilitation, industrial assitance, revenue collecting.

Selain pilar-pilar tersebut yang menjadi dasar dalam bertindak, ada 3 level dalam bertugas yang merupakan pondasi bagi pegawai. Di level pertama adalah integrity. Di level kedua adalah legal framework. Dan di level ketiga adalah knowledge, skill, attitude, IT, dan SOP. Dengan adanya basis dan pilar tersebut akan mampu menciptakan prosperity of people.

Bapak Agung juga mengungkapkan apresiasinya dengan keberhasilan lulusan Prodip I Bea dan Cukai Pekanbaru Tahun Ajaran 2009/2010 yang meraih IPK Tertinggi di antara lulusan Prodip I lainnya. Tahun 2010, lulusan Prodip I adalah sebanyak 25 orang, tahun 2011 sebanyak 26 orang dan tahun ini BDK Pekanbaru diberi kepercayaan untuk menaungi 2 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 59 orang.

 Setelah arahan dan acara ramah tamah di BDK Pekanbaru, dilanjutkan dengan pemberian arahan untuk peserta DTU Kesamaptaan Angkatan I Tahun Anggaran 2012 yang diselenggarakan di Batalyon Paskhas Pekanbaru. (Sumber: Website BDK Pekanbaru)

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!