Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Transformasi BPPK

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) merupakan salah satu unit eselon I di bawah Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab dalam bidang pengembangan SDM Kementerian Keuangan. Untuk dapat melaksanakan amanat ini dibutuhkan upaya-upaya peningkatan kapasitas BPPK secara berkesinambungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penataaan organisasi BPPK yang juga merupakan langkah nyata tindak lanjut arahan Menteri Keuangan.

 

Dari hasil analisis Menteri Keuangan, disinyalir bahwa struktur BPPK saat ini belum cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan organisasi yang sangat maju dan dinamis tersebut, sehingga dibutuhkan konsep struktur organisasi dengan fungsi yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Perubahan konteks lingkungan internal maupun eksternal telah menyebabkan kebutuhan pendidikan dan pelatihan SDM Keuangan Negara terus berkembang. Ini adalah tantangan nyata bagi BPPK dalam mewujudkan visinya sebagai sebuah pusat unggulan dan suatu kebutuhan mendesak untuk memperbaiki organisasi dan proses bisnis di tiap lini.

 

BPPK telah menindaklanjuti arahan Menteri Keuangan tersebut dengan melakukan assessment kapasitas organisasi BPPK dengan mempertimbangkan 7 aspek komponen organisasi. Komponen tersebut meliputi aspirasi pimpinan, strategi yang tertuang dalam dokumen rencana strategis BPPK tahun 2010 s.d. 2014, struktur organisasi, sistem yang melandasi pelaksanaan kegiatan operasional di BPPK, skill organisasi, sumber daya manusi yang ada serta nilai-nilai yang melekat di BPPK. Dari hasil assessment tersebut diperoleh sebuah kesimpulan bahwa terdapat mis-alligment antar komponen penyusun organisasi di BPPK. Kondisi ini menyebabkan ketidakoptimalan kinerja BPPK dalam menjalankan tugas dan fungsinya di lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Selain itu, dengan memperhatikan masukan serta harapan dari unit pengguna layanan diklat di lingkungan Kemeterian Keuangan, maka BPPK mau tidak mau harus membenahi diri. Harapan tersebut tercetus melalui forum harmonisasi diklat antara BPPK dan seluruh unit Eselon I serta kegiatan survei yang dilakukan pihak independen tentang persepsi mereka terhadap BPPK. Dengan memperhatikan latar belakang tersebut maka pimpinan di BPPK memberikan arahan untuk melakukan sebuah transformasi kelembagaan.

 

Pada dasarnya transformasi ini meliputi ketujuh aspek penyusun organisasi BPPK. Diawali dengan penajaman strategi BPPK berupa peningkatan kualitas diklat serta produktivitas BPPK dan kemudian dilanjutkan dengan penyusunan kembali struktur BPPK yang baru berdasarkan fungsi. Hal ini akan menjadikan kinerja BPPK lebih efektif dibandingkan kondisi struktur yang sekarang ini eksis dimana mendasarkan orientasi kerja pada pasar saja.

 

Selanjutnya penyiapan SDM akan dilakukan selama berlangsungnya proses tranformasi tersebut. Penyiapan SDM melalui penyamaan komitmen terhadap transformasi, kesiapan atas perubahan uraian jabatan, serta pemahaman yang komprehensif atas proses bisnis BPPK kedepan merupakan salah satu kunci sukses pelaksanaan transformasi BPPK. Tahapan-tahapan transformasi yang realistis dan jelas akan menjadi acuan (blue-print awal) pada fase berikutnya. Transformasi adalah milik bersama seluruh elemen BPPK, maka setiap orang wajib memberikan kontribusi untuk mewujudkan BPPK yang lebih baik. Transformasi ini diharapkan mampu mengubah BPPK untuk menjadi organisasi yang mempunyai peran lebih besar lagi bagi peningkatan kapasitas SDM di lingkungan Kementerian Keuangan pada khususnya serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

 

Artikel Transformasi Lainnya:

Transformasi Bukan Hanya Sekedar Reorganisasi

Penandatanganan kontrak kinerja: melanjutkan reformasi birokrasi

Manajemen Perubahan BPPK

Transformasi Kelembagaan Bukan Hanya Sekedar Perubahan Struktur

Langkah-Langkah menuju Transformasi BPPK

Change, Point of No Return

Perubahan: Bagaimana Memasuki Dunia yang Baru, Melepaskan yang Lama

Transformasi Kelembagaan BPPK : Perubahan Demi Peningkatan Kompetensi Pegawai Kemenkeu

Hakcipta © 2014 Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Powered by Joomla!