Program Diklat

Program diklat BPPK dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan diklat (AKD). AKD merupakan langkah utama dan pertama untuk melakukan diagnosa kebutuhan unit pengguna. Proses ini merupakan tonggak awal bagi penyusunan rancang bangun suatu program diklat secara akurat sehingga dapat mewujudkan diklat yang tepat sasaran, tepat substansi dan tepat strategi guna mencapai tujuan yang dirumuskan. Keakuratan program diklat yang diselenggarakan dengan kebutuhan unit pengguna terus menjadi perhatian utama mengingat pesatnya perkembangan dan dinamika yang terjadi.

 

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No. 137.KMK.01/2001 tentang Pola Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Departemen Keuangan, program diklat yang diselenggarakan BPPK terdiri dari Diklat Prajabatan, Diklat Dalam Jabatan dan Pendidikan Tinggi Kedinasan.

 

Diklat Prajabatan

Diklat Prajabatan adalah pendidikadn dan pelatihan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan peranannya sebagai pelayan masyarakat. Pendidikan dan pelatihan Prajabatan merupakan syarat pengangkatan calon PNS menjadi PNS.

Diklat Prajabatn terdiri atas :

  1. Diklat Prajabatan Golongan I yaitu pendidikan dan pelatihan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan I.

  2. Diklat Prajabatan Golongan II yaitu pendidikan dan pelatihan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan II.

  3. Diklat Prajabatan Golongan III yaitu pendidikan dan pelatihan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan III.

 

Diklat Dalam Jabatan

Diklat Dalam Jabatan adalah pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan dengan sebaik-baiknya.

Diklat Dalam Jabatan terdiri atas:

  1. Diklat Kepemimpinan (Diklatpim)

Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah yang sesuai dengan jabatan strukturan tertentu yang dilaksanakan secara berjenjang untuk memberikan penanaman kesamaan pola pikir yang dinamis dan bernalar agar memiliki wawasan, pengetahuan yang komprehensif serta semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan prima dan pengembangan partisipasi masyarakat.

Diklat Kepemimpinan terdiri atas :

    • Diklat Kepemimpinan tingkat IV adalah pendidikan dan pelatihan bagi pegawai yang berkompetensi untuk Jabatan Struktural Eselon IV;

    • Diklat Kepemimpinan tingkat III adalah pendidikan dan pelatihan bagi pegawai yang berkompetensi untuk Jabatan Struktural Eselon III;

    • Diklat Kepemimpinan tingkat II adalah pendidikan dan pelatihan bagi pegawai yang berkompetensi untuk Jabatan Struktural Eselon II;

    • Diklat Kepemimpinan tingkat I adalah pendidikan dan pelatihan bagi pegawai yang berkompetensi untuk Jabatan Struktural Eselon I; 

  1. Diklat Fungsional

Diklat fungsional dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi yang sesuai dengan jenis dan jenjang Jabatan Fungsional masing-masing secara berjenjang untuj memberikan pengtahuan dan atau keterampilan fungsional tertentu yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas jabatan fungsional yang bersangkutan.

Diklat Fungsional terdiri atas :

    • Diklat Fungsional Keahlian

    • Diklat Fungsional Keterampilan

  1. Diklat Teknis

Diklat Teknis dilaksanakan untuk mencapai persyaratan kompetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas PNS serta dapat dilakukan secara berjenjang yang ditetapkan oleh instansi teknis yang bersangkutan.

Diklat Teknis terdiri atas :

    • Diklat Teknis Substantif Dasar (DTSD)

    • Diklat Teknis Substantif Spesialisasi (DTSS)

    • Diklat Teknis Umum

  1. Diklat Ujian Dinas (DUD)

Diklat Ujian Dinas (DUD) adalah suatu pendidikan dan pelatihan yang memberikan kompetensi dalam rangka kenaikan pangkat dalam golongan yang lebih tinggi sebagaimana ditentukan dalam peraturan kepegawaian yang berlaku.

Diklat Ujian Dinas terdiri atas :

    • Diklat Ujian Dinas I yaitu pendidikan dan pelatihan yang diperuntukan bagi pegawai yang telah mempunyai pangkat Pengatur Tingkat I (Golongan II/d) untuk naik pangkat ke Penata Muda (Golongan III/a);

    • Diklat Ujian Dinas II yaitu pendidikan dan pelatihan yang diperuntukan bagi pegawai yang telah memiliki pangkat Penata Tingkat I (Golongan III/d) untuk naik pangkat ke Pembina (Golongan IV/a)

  1. Diklat Penyesuaian Ijasah (DPI)

Diklat Penyesuaian Ijasah (DPI) adalaj suatu pendidikan dan pelatihan yang memberikan kompetensi dalam rangka kenaikan pangkat sesuai ijasah formal yang dimilikinya.

Diklat Penyesuaian Ijasah terdiri atas :

    • Diklat Penyesuaian Ijasah I yaitu pendidikan dan pelatihan yang diperuntukan bagi pegawai yang berijasah SLTP dan yang berpangkat serendah-rendahnya Juru Muda TK I (Golongan I/b) dan kemudian dipertimbangkan untuk disesuaikan pangkatnya berdasarkan ijasah SLTA/SMU yang dimillikinya.

    • Diklat Penyesuaian Ijasah II yaitu pendidikan dan pelatihan yang diperuntukan bagi pegawai yang berijasah minimal SLTA/SMU dan yang berpangkat serendah-rendahnya Pengatur Muda TK I (Golongan II/b) dan kemudian dipertimbangkan untuk disesuaikan pangkatnya berdasarkan ijasah Sarjana (Strata I) yang dimillikinya.

  1. Diklat Penyegaran

Diklat Penyegaran dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pegawai sehubungan dengan perkembangan kebijaksanaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Diklat di atas ditangani oleh masing-masing pusdiklat sesuai spesialisasinya. Silahkan mengunjung situs pusdiklat terkait di bawah ini untuk mengetahui keterangan diklat lebih lanjut.

Paling Banyak Dibaca

  • Acara Pisah Sambut Para Pejabat +

      [Tangerang Selatan] Rabu, 4 Januari 2017. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kekayaan Negara dan PerimbanganKeuangan memimpin acara pisah sambut Baca Selengkapnya
  • TINGKATKAN KINERJA, KEPALA BPPK LANTIK PEJABAT ESELON III DAN ESELON IV +

    [Jakarta] Jumat, 6 Januari 2017. Hari ini Kepala BPPK Sumiyati melantik sepuluh pejabat Eselon III dan dua pejabat Eselon IV Baca Selengkapnya
  • Pendapatan Yang Masih Harus Diterima: Jurnal Penyesuaian Akhir tahun dan Jurnal Balik Awal Tahun pada Aplikasi SAIBA +

    Oleh : Puji Agus, SST, Ak., M.Ak, CA Widyaiswara Madya   Abstrak: Saat ini Basis Akuntansi yang digunakan dalam mencatat transaksi Baca Selengkapnya
  • 1
  • 2

Eselon I Kementerian Keuangan

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
Inspektorat Jenderal
Sekretariat Jenderal
Direktorat Jenderal Bea Cukai
Direktorat Jenderal Pajak
Badan Kebijakan Fiskal
Direktorat Jenderal Anggaran
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Call Center BPPK
Easylib
Wise
Indonesia Darurat Narkoba
APBN Kemenkeu 2016